Saturday, June 9, 2018

Cerita Megawati tentang Kuliahnya di Unpad dan Saran Bung Karno

Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri mengakui pilihannya untuk kuliah di Fakultas Pertanian Kampus Padjdjaran (Unpad) pada 1965 lantas tidak terlepas dari saran sang Bapak, Soekarno.

Seperti di ketahui, Mega mulai jadi mahasiswi Unpad pada 1965 di umur 18 tahun. Dia masuk ke Fakultas Pertanian.

Baca juga: Biaya Kuliah UNAND - Pendaftaran UNAND

Awalannya Mega sangat tertarik pada pengetahuan psikologi. Namun karna sang bapak dapat memberikan keyakinan perlunya pengetahuan mengenai mata pencaharian paling besar semua rakyat Indonesia, pada akhirnya dia ingin ikuti Soekarno.

" Oleh Bung Karno (Soekarno), saya diwajibkan masuk ke Fakultas Pertanian, sebab masalah pangan adalah masalah mati hidupnya bangsa, " kata Mega waktu mengemukakan orasi ilmiah dalam acara penganugerahan titel doktor honoris causa di Universitas Kampus Padjadjaran (Unpad) Bandung, Rabu (25/5/2016).

Seiring waktu berjalan, Mega mengakui makin tahu mengenai inti pangan lewat praktek membumikan pengetahuan pertanian dengan segera dengan beberapa petani.

Bahkan juga, kata dia, petani yaitu deskripsi riil wong cilik atau rakyat kecil, di mana semua keberpihakan politik semestinya diperuntukkan padanya. " Tersebut kesadaran yang keluar ketika saya belajar di universitas ini, " ungkap Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Namun malang tidak dapat tidak diterima. Badai politik yang berlangsung pada tahun-tahun itu pada akhirnya beresiko pada status kemahasiswaannya. Bahkan juga karena momen politik itu, Megawati sangat terpaksa tidak meneruskan kuliah di Unpad.

Baca juga: Biaya Kuliah UNIMED - Pendaftaran UNIMED

" Selanjutnya tidak hanya pengetahuan pertanian yang saya peroleh, di universitas ini saya ditempa untuk mengerti serta bertahan pada kepercayaan ideologi. Sampai momen yang saya alami di universitas ini membuat saya jadi politisi serta memilih untuk selalu mengatur rakyat lewat kepartaian, " katanya.

No comments:

Post a Comment