Monday, April 23, 2018

UNY Kembali Kukuhkan Guru Besar

 Kampus Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menaikkan guru besar. Kesempatan ini Margana, dosen Fakultas Bhs serta Seni (FBS) UNY dikukuhkan jadi guru besar pengetahuan lingustik perguruan tinggi kependidikan itu.

 Baca juga: Biaya Kuliah UNPAD - Pendaftaran UNPAD

Pengukuhan guru besar baru di UNY ini dikerjakan oleh Senat Akademik UNY di universitas setempat, Rabu (27/9/2017).

Dalam acra pengukuhan itu, Margana mengemukakan pidatonya berjudul ‘Alih Kode dalam Tinjauan Linguistik serta Kebermaknaannya dalam Evaluasi Bhs Inggris’. Lewat pengukuhan itu, Margana adalah guru besar UNY ke-134 serta guru besar FBS ke-27.

Doktor bagian Linguistik UGM itu mengulas kalau dengan linguistik peralihan bhs itu sudah penuhi beberapa aturan linguistik serta bentuk-bentuk kebahasaan yang diarahkan terikat dengan ketentuan yang berlaku.

“Secara semantis, peralihan bhs dari bhs satu kebahasa beda mempunyai pertautan yg tidak mengakibatkan terjadinya distorsi arti, ” tuturnya dalam pidato pengukuhan.

Menurut dia, dalam konteks evaluasi bhs Inggris alih kode mempunyai beragam peranan salah satunya pemahaman materi yang di ajarkan, penguatanunsur-unsur spesifik serta kiat evaluasi bhs Inggris dalammen jagalah kelangsungan berkomunikasi.

“Di samping itu peranan non akademis dimaknai jadi peranan alih kode yang terkait dengan pemberi tanda wacana atau discourse marker yang dipunyai oleh beberapa penutur, ” tuturnya.

Rapat senat terbuka pengukuhan guru besar itu di pimpin segera oleh Rektor UNY, Sutrisno Wibowo.

Baca juga: Biaya Kuliah POLMAN - Pendaftaran POLMAN

No comments:

Post a Comment