Tuesday, July 24, 2018

Empat Stasiun Sepeda USU Mulai Beroperasi

Sesudah menanti lumayan lama, keinginan Kampus Sumatera Utara (USU) jadikan sepeda menjadi salah satunya alat transportasi dalam universitas, mulai terwujud, walau masih tetap memerlukan perbaikan.

Sekarang ini, empat pos sepeda universitas mulai diaktifkan, serta akan ditambah empat lagi kurun waktu dekat. Ke empat pos sepeda universitas di USU itu ada di Biro Pusat Administrasi (BPA) USU, Jalan Kampus (pintu 1), Jalan Tri Dharma, serta Jalan Kampus (Ujung). Pekerjaan simulasi peluncuran sepeda universitas dikerjakan Senin (4/6) lantas di lapangan parkir BPA.

Baca juga: Jurusan di UT

“Untuk step awal, operasional sepeda USU akan beroperasi di empat pos. Gagasannya, akan diaktifkan empat pos sepeda universitas lagi, hingga jadi delapan pos bila pada waktunya diperlukan, ” papar Kepala sisi (Kabag) Ketertiban serta Keamanan USU, Wahyudi, di Medan, Rabu (6/5). Dengan cara tehnis, pemakaian sepeda universitas ini mesti lewat berapakah tingkatan. Pertama, pemakai mesti tunjukkan sinyal pengenal, kartu sinyal mahasiswa (KTM).

Ke-2, oleh petugas nomer induk sinyal pengenal akan diinput ke alat berisi aplikasi peminjaman sepeda universitas. Ke-3, sesudah diolah, aplikasi tunjukkan waktu peminjaman, yang berarti sepeda telah bisa dipakai. Waktu penggunaan sepeda tidak bisa lebih dari 30 menit. Maksudnya juga mesti dari pos ke pos sepeda USU, serta dilarang diarahkan ke arah yang tidak ditata petugas sepeda universitas. Seperti bus USU, sepeda USU cuma berhenti di pos-pos atau halte yang sudah dipastikan.

Setelah tiba di pos yang dituju, petugas akan masukkan nomer sepeda serta pastikan sudah terdata, serta kembali pada dalam aplikasi peminjaman sepeda universitas. Buat mahasiswa yang belumlah tercatat ketika input data peminjaman, bisa lebih dahulu mendaftarkannya di Pusat Komunikasi (Puskom) USU. Begitupun dengan pegawai USU yang ingin memakai sepeda universitas ini, bisa terlebih dulu mendaftar jati diri pegawainya.

“Untuk sesaat ini akan digunakan dua sepeda saja di tiap-tiap pos sepeda universitas, ” tuturnya. Sepeda universitas adalah program kerja sama pada USU serta Tubuh Pertolongan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID). Maksudnya adalah untuk membuat situasi universitas yang bersih dari polusi, lebih hijau, serta sehat.

Baca juga: Biaya Kuliah UT

Staf Pakar Rektor USU yang juga Ketua Pelaksana USU Asri, Defin Defriza Harisdani, menyampaikan, ada banyak yang memang perlu dibenahi untuk mensupport program itu, termasuk juga personil satpam serta kesediaan pos-pos sepeda yang lain. “Jadi, mesti disimulasikan dahulu sampai bulan Juni kelak atau waktu saat liburan. Kami selalu mencari kekurangannya apa, ” kata Defin. Dia mengharap, September yang akan datang atau waktu penerimaan mahasiswa baru, sekitar 80 dari 100 unit sepeda telah dapat beroperasi. Bekasnya, 20 lagi untuk perputaran jika ada sepeda yang rusak.

“Saat ini, ada pihak lainnya yang ingin turut dalam kerja sama ini, tetapi kami tahan dahulu menanti persiapan sarananya, ” katanya.

No comments:

Post a Comment