Sunday, February 10, 2019

80 Kampus Kembangkan Produk Unggulan Daerah

Pemerintah akan menggerakkan 80 kampus untuk meningkatkan pengembangan produk favorit daerah. Kelak tiap-tiap universitas akan mendapatkan pertolongan permodalan seputar Rp5 miliar.

Dirjen Penguatan Pengembangan Kementerian Penelitian, Tehnologi, serta Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe menjelaskan, lewat proses teaching industry kementerian akan menggerakkan kampus untuk meningkatkan produk favorit berdasar pada sumber daya alam (SDA) di daerah ditempat. Ia menuturkan, sampai kini yang telah memperoleh pekerjaan spesial peningkatan SDA ditempat baru perguruan tinggi negeri tubuh hukum (PTN BH).

Baca juga : Akreditasi Prodi UNPAD

“Ke depan kami mempunyai gagasan supaya tidak cuma PTN BH, akan tetapi semua perguruan tinggi yang miliki kekhususan untuk dikasih pekerjaan spesial bangun produk pengembangan berbasiskan lokasi. Keinginan kita dengan nasional semua perguruan tinggi mempunyai perihal ini,” tuturnya waktu Workshop Tindak Lanjut Hasil Rapat kerja nasional Kemenristekdikti 2019 bagian Penguatan Pengembangan di Jakarta tempo hari.

Kemenristekdikti akan memberi sarana dana. Diluar itu, pun pertolongan fasilitas prasarana yang dibutuhkan untuk peningkatan favorit pengembangan itu.

Jumain menjelaskan, universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah ditugasi meningkatkan padi serta buah, Institut Tehnologi Surabaya (ITS) dengan kendaraan listriknya, sampai Kampus Hasanuddin (Unhas) dengan peningkatan bibit unggul sapi.

“PTN BH sudah kami tugaskan dengan teaching industry yang melahirkan potensi untuk masuk ke dunia usaha dari pengembangan yang sudah dibuat. Keinginan ini, semua perguruan tinggi juga dapat bereksperimen serta menghilirisasi produknya,” tuturnya.

Ia memberi contoh pengembangan yang sekarang ini tengah dibina untuk peningkatan produk favorit di daerah ditempat. Seperti di universitas Kampus Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh dengan peningkatan nilam menjadi bahan baku minyak wangi. Lalu di Kampus Khairun Ternate untuk meningkatkan minyak atsiri dari buah pala.

Jumain meneruskan, kalau perguruan tinggi itu belum juga dapat lakukan peningkatan dengan mandiri, jadi diijinkan kerja sama juga dengan perguruan tinggi lainnya. “Misalnya di Kampus Khairun kan kekuatannya dalam peningkatan minyak atsiri kan belumlah (baik). Nah, kita meminta kelak kerja sama juga dengan Kampus Padjadjaran (Unpad) atau IPB,” tuturnya.

Baca juga : Akreditasi Prodi IPB

Selain itu, Rektor IPB Bijaksana Satria menuturkan jika pihaknya sudah mempunyai 460 pengembangan yang dipandang prospektif untuk usaha. Ia menuturkan, pengembangan yang telah spinoff seperti padi IPB 3S yang mempunyai kekuatan 11,4 ton per hektare yang sekarang ini telah ditanam di 26 propinsi. Diluar itu, pihaknya pun tengah meningkatkan pepaya Calina menjadi bibit unggul pepaya berbuah manis yang benihnya telah di kirim ke enam propinsi serta 11 mancanegara.

IPB pun sudah membuat produk olahan seperti beras analog yaitu beras yang terbuat dari singkong, beras dari sagu, dan beras dari jagung. Diluar itu, pun sudah membuahkan lipstik serta pomade dari rumput laut.

No comments:

Post a Comment