Monday, May 13, 2019

Pelaksanaan Salat Tarawih Miliki Banyak Hikmah

Salat Tarawih di bulan Suci Ramadhan adalah beribadah yang disunnahkan serta kegiatan yang disarankan di bulan Ramadhan selain kegiatan puasa banyak juga amaliyah-amaliyah Ramadhan yang lain.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam mengatakan Salat Tarawih sisi dari pekerjaan 'qiyamu ramadhan, yakni menghidupkan malam bulan ramadhan untuk kebutuhan beribadah.

"karena itu, tiap muslim di samping melakukan keharusan puasa ramadhan sangat disarankan lakukan beberapa pekerjaan sunnah di bulan Ramadhan. Allah serta rasul -Nya menjanjikan jika tindakan sunnah di bulan ramadhan itu derajatnya sama juga dengan pahala harus di luar bulan Ramadhan," kata Asrorun Niam waktu dihubungi Koran SINDO, Senin (6/5/2019).

Baca juga : Jurusan di STMI

Menurut dia, Salat Tarawih pilih beberapa hikmah salah satunya untuk kebutuhan menghidupkan malam ramadhan dengan bermunajat dan berzikir serta beribadah sunah untuk melipatgandakan pahala.

"Umat Muhammad jadi umat nabi paling akhir yang diberi usia lebih pendek dengan automatis beribadah tidak sekitar dengan umat sebelumnya yang mempunyai usia lebih panjang. Tapi diberi kelebihan adanya bulan Ramadhan yang dapat melipatgandakan pahala," tuturnya.

Lalu sambungnya, ada salah satu malam-malam di bulan Ramadhan itu yang mempunyai kelebihan serta keutamaan lebih dari 1.000 bulan. "ini sisi dari kelebihan serta disarankan untuk menghidupkan malam ramadhan diantaranya dengan salat tarawih," tuturnya.

Hikmah ke-2 terlihat dari bagian kesehatan jika puasa disarankan untuk hikmah kesehatan. Seperti Hadits Rasulullah SAW: "Summu Tasihhu" yang berarti berpuasalah kalian pasti akan mendapatkan kesehatan.

Hadits itu, lanjut Ni'am puasa berhikmah untuk kebutuhan kesetimbangan skema makan dan konsumsi yang dikonsumsi di dalam badan, dimana perlu relaksasi dari bagian metabolisme badan kita. diantaranya lewat cara berpuasa.

"Demikian pula kegiatan fisik waktu salat tarawih yang ditangani sesudah kita buka lalu kita salat isya. Tarawih yang kita kerjakan itu mempunyai manfaat kesehatan untuk kebutuhan proses kegiatan saat makan konsumsi gizi waktu buka itu, hingga dapat membakar kalori ," tegasnya.

Tarawih mempunyai terminologi istirohah yang berarti relaksasi dari type beribadah yang disuruh untuk dinaikkan waktu bulan ramadhan. Antara interval itu istirahat. itu yang lalu dipakai jadi nama salat tarawih atau relaksasi dari beberapa macam beribadah. Walau resikonya banyak umat mengaalami dikit kecapekan.

"Yang tentu hikmah untuk tingkatkan pahala, amal kebaikan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. serta saat bulan Ramadhan selain keharusan puasa, kita begitu disarankan untuk qiyamu Ramadhan," tuturnya.

Ni'am menerangkan hal itu tercatat dalam hadis Rasulullah SAW yakni "Siapa saja berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan serta berharap ridha Allah, karena itu diampuni dosanya yang sudah lampau" (HR Muslim) selain itu hadis, "Siapa saja menghidupkan malam Ramadhan dengan penuh keimanan serta berharap ridha allah, karena itu diampuni dosanya yang sudah lampau" (HR Muslim).

"Itu berarti ada dua dimensi, siang puasa, malam qiyamu Ramadhan. kedua-duanya mempunyai keutamaan jadi pelebur dan penghapus dosa bila dikerjakan dengan penuh keimanan serta ketaqwaan," katanya.

Begitu juga dengan Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid yang mengatakan salat tarawih ialah salat sunnah yang disyariatkan saat malam bulan Ramadhan. Karena itu, ia mempunyai keutamaan salat malam biasanya seperti sabda Rasulullah: "Salat yang paling afdhol sesudah salat fardhu ialah salat malam" (HR An Nasa’i)

Baca juga : Jurusan di STKS

"Dengan spesial, salat tarawih yang ditangani dengan tulus akan menghadirkan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala," katanya waktu dihubungi.

Menurut dia, dosa-dosa sebelumnya yang akan diampuni Allah seperti sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: "Barangsiapa bangun saat malam bulan Ramadhan sebab iman serta mengarapkan penghitungan dari Allah, karena itu diampuni dosa-dosanya yang sudah kemarin. " (HR Muslim).

"Serta ada banyak hikmah serta keutamaan dari salat tarawih yang lain. Yang tentu shalat tarawih atau shalat malam adalah rutinitas beberapa orang shalih sebelumnya. Karena itu siapa saja yang melakukannya, dia juga dicatat atau dimasukkan dalam kelompok orang shalih seperti mereka," katanya.

"Teraturlah dirimu untuk salat malam sebab hal tersebut adat beberapa orang shalih sebelummu, mendekatkan diri pada Allah, meniadakan dosa, menampik penyakit, serta pencegah dari dosa." (HR Ahmad).

No comments:

Post a Comment