Thursday, January 16, 2020

Penyebab Sakit Tulang Belakang dan Cara Mengatasinya

Sakit dibagian tulang belakang seringkali dihubungkan dengan penentuan sikap duduk yang salah, keseleo, serta waktu bangun tidur. Untuk tanda-tanda yang dirasa waktu tulang belakang sakit, seperti kebas, mati rasa yang menyebar sampai kaki, serta sendi berasa kaku.

Ada faktor-faktor bisa tingkatkan efek sakit tulang belakang, contohnya obesitas, merokok, depresi atau stres, dan dampak obat-obatan. Diambil dari Mayo Clinic, pemicu tulang belakang sakit salah satunya:

1. Otot tegang



Kemelut otot atau keseleo seringkali membuat tulang belakang sakit. Umumnya berlangsung waktu mengusung benda berat dengan pergerakan mendadak atau terlalu berlebih waktu kerja.

2. Ada masalah pada tulang belakang

Baca Juga : Biaya Kuliah IPB

Sakit tulang belakang dapat juga berlangsung sebab ada masalah pada strukturnya. Contohnya seperti permasalahan pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang serta persendian), osteoporosis (pengeroposan tulang), atau ada kelainan tulang belakang skoliosis serta kifosis.

3. Ada penyakit khusus

Tulang belakang sakit dapat juga karena disebabkan ada penyakit khusus, seperti penyempitan kanal tulang belakang (stenosis spinal), hilangnya peranan saraf di sumsum tulang belakang bawah, infeksi, serta kanker tulang belakang.

Bagaimana menanganinya?

1. Obat pereda ngilu

Paracetamol nyatanya dapat juga jadi obat sakit tulang belakang. Manfaatnya untuk menolong memudahkan rasa sakit dalam periode pendek.

Disamping itu, obat sakit tulang belakang dapat juga berbentuk cream atau salep yang dioles langsung ke sumber sakit. Tetapi, semakin lebih baik untuk mengkonsultasikan dosis serta waktu minum obat ke dokter.

2. Suntik anti radang

Untuk menyembuhkan sakit pada tulang belakang, dapat ditangani dengan suntik anti radang yakni suntik kortison. Ini akan menolong turunkan peradangan di seputar akar saraf, hingga menolong menurunkan sakit sesaat. Tetapi, seharusnya ini dikerjakan sesuai dengan instruksi ahlinya.

3. Operasi tulang belakang

Bila obat serta suntik gagal, pilihan paling akhir yakni jalan operasi. Mekanisme operasi yang dikerjakan untuk tulang belakang yang sakit yakni discectomy serta spinal fusion.

Tetapi, aksi operasi ini punya efek komplikasi serius, seperti kerusakan saraf di seputar ruang yang di operasi sampai kelumpuhan.

Baca Juga : Institut Pertanian Bogor

4. Yoga

Yoga ini jadi pilihan pas untuk menangani sakit tulang belakang bawah yang umumnya berlangsung sebab sering duduk atau salah bergerak. Dalam mengerjakannya, harus teratur tanpa ada terburu-buru serta tidak memaksakan badan untuk bergerak.

5. Akupuntur

Cara penyembuhan ini dapat juga diambil untuk menangani sakit tulang belakang sisi bawah sampai sakit ekor tulang belakang.

Hal yang penting, tetap tanyakan ke dokter untuk tahu penyembuhan yang sesuai dengan serta pas untuk menangani sakit pada tulang belakang.

No comments:

Post a Comment