Wednesday, April 17, 2019

Diresmikan Presiden Jokowi, Halal Park Status Indonesia sebagai Peringkat 1 GMTI

Indonesia punya tujuan wisata halal paling baru. Namanya, Halal Park. Tempatnya di Lokasi Gelanggang olahraga Bung Karno (GBK), Jakarta. Tujuan ini diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (16/4/2019). Halal Park semakin menegaskan status Indonesia menjadi rangking 1 GMTI.

Berdasar pada rangking Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Indonesia ada di rangking paling atas dengan nilai 78 bersama dengan Malaysia. Status ini jadi lonjakan relevan sebab tempat Indonesia ada di posisi 2 dengan nilai 72,8 pada 2018.

“Alhamdulillah, perubahan industri halal Indonesia berkembang cepat. Ini begitu bagus sebab Indonesia mempunyai masyarakat muslim paling besar di dunia. Sekarang Indonesia nomer 1 menurut GMTI 2019 serta perolehan itu begitu bagus,” papar Presiden Jokowi.

Baca juga : Jurusan di ISID

Diresmikannya tujuan Halal Park sekaligus juga jadi embrio buat Halal District. Tujuan ini akan di kembangkan pun di lokasi GBK. Nilai investasi yang didisiapkan untuk meningkatkan tujuan Halal District sampai Rp250 Miliar. Luas ruang Halal District nanti diprediksikan 21 Ribu Mtr. Persegi.

Jokowi memberikan, Halal Park bisa menjadi ekosistem usaha baru.

“Halal Park ini jadi embrio buat pembangunan Halal District. Nilai investasi bagunannya seputar Rp250 Miliar. Lokasi ini nanti bisa menjadi ekosistem baru buat beberapa aktor ekonomi. Nanti semua akan ditangani di sini,” jelas Jokowi .

Ada bermacam produk yang akan didisplay di Halal Park. Tidak hanya usaha pariwisata, ada pula fashion, makanan, minuman, pendidikan, serta yang lain. Tujuan ini searah dengan gerakan positif wisatawan muslim dunia. Pada 2018, ada 140 Juta orang wisatawan dunia yang melancong. Spending online-nya juga sampai USD35 Miliar. Ditambah lagi, perubahan wisatawan dunia diperkirakan tumbuh 158 Juta pada 2020.

“Hari ini (Selasa, 16/4) ialah suatu yang sudah diawali. Ini sesuai jumlahnya wisatawan dunia yang selalu bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2020, diproyeksikan akan tumbuh optimal. Angka 158 Juta orang ini besar sekali,” tegas Jokowi.

Kedatangan Halal Park pun dirintisnya Halal District jadi tanda positif buat pariwisata Jakarta. Karena, tujuan wisata halal mempunyai perkembangan positif. Bersama dengan Lombok, Aceh, serta Riau-Kepulauan Riau, Jakarta jadi pilar penting penopang rangking paling atas Indonesia di dunia. Jakarta keseluruhan mendonasikan 59 poin di tahun 2019 atau naik 3 angka dari keseluruhan score tahun awal mulanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi dua jempol atas berdirinya Halal Park.

“Halal Park serta gagasan peningkatan Halal District jadi warna baru buat wisata halal di Indonesia. Tujuan ini akan memberi impact begitu positif. Tidak hanya pada gerakan arus masuk wisatawan dunia, tujuan ini pula jadi motor ekonomi baru di Jakarta. Penduduk akan makin rasakan faedah kegiatan pariwisata,” tutur Menteriasal Banyuwangi itu.

Penawaran sarana Jakarta pada wisatawan muslim makin komplet dengan beroperasinya Halal Park. Awal mulanya, Jakarta sudah di dukung aksesibilitas terunggul. Ada 2 bandara internasional dengan kemampuan 876.496 seat. Akses laut diperkokoh dengan 1 pelabuhan internasional serta 10 local port, tidak hanya ada 53 rute bus. Dengan perform ini, Jakarta memperoleh poin GMTI maksimal aksesibilitas 96 pada 2018.

Baca juga : Jurusan di POLIJE

Untuk posisi environment vs GMTI, bandara di Jakarta dilalui 2,81 Juta wisman. Menariknya , slot wisman muslim sampai 2 Juta orang. Bandara pun diperlengkapi WiFi dengan kecepatan tinggi. Untuk segi environment, Jakarta memperoleh keseluruhan score 65 pada 2018. Untuk segi services, Jakarta mempunyai 20 restoran halal bersertifikat, lantas ada 3683 self claimed. Jumlahnya masjidnya sampai 7.795 bangunan.

Wisatawan muslim pun ditanggung makin nyaman di Jakarta. Segi services maksimal dikasihkan lewat 5 hotel syariah, lantas 5 salah satunya mempunyai dapur bersertifikat halal. Bandaranya diperlengkapi dengan 20 prayer room. Bagaimana dengan atraksinya? Jakarta mempunyai 20 situs heritage Islam, 11 moment Islami, serta 19 Muslim Friendly Attraction.

“Jakarta ialah tujuan wisata halal terunggul. Atraksi, aksesibilitas, serta amenitasnya mengagumkan. Semua sesuai aturan Islam. Silakan bertandang ke Jakarta, lantas nikmati keramahan serta experiencenya. Ditambah lagi, saat ini ada Halal Park yang baru diresmikan Presiden Jokowi. Prinsip Presiden Jokowi ini memang mengagumkan dengan programnya. Serta, programnya ini mesti diteruskan,” tutup Menpar.

No comments:

Post a Comment