Wednesday, January 9, 2019

Danarta Coba Menghubungkan Ekonomi Lewat Rumah Sahabat Desa

Mengusung kekuatan ekonomi desa untuk makin berkembang, PT Danarta Saudara Sejahtera (DSS) bangun Rumah Teman dekat Desa (RSD) menjadi usaha menghubungkan pada desa ke kota serta demikian sebaliknya. Kedatangan Rumah Teman dekat Desa adalah wadah buat penduduk desa untuk berkegiatan ekonomi sekaligus juga edukasi dari beberapa segi.

Baca juga : Biaya Kuliah UNPAR

"RSD ada untuk makin buka akses dari kota ke desa serta demikian sebaliknya. RSD selalu memberi dukungan pekerjaan ekonomi, sosial serta budaya di desa supaya selalu bertumbuh serta harapannya bertambah cepat," tutur Direktur PT. DSS, Teguh Aaron Muir Hendrata di Jakarta.

Pendirian Rumah Teman dekat Desa dipercaya dapat menghubungkan segi sosial, ekonomi serta budaya dalam tiga bentuk, yaitu fisik, gerakkan, serta basis. "Kita miliki Rumah Teman dekat Desa dengan fisik. Gerakannya seperti yang telah kita kerjakan yaitu pekerjaan literasi keuangan ke penduduk. Platformnya ialah aplikasi agregator yang menghubungkan banyak aplikasi untuk masuk ke desa," tuturnya.

RSD akan ada berbentuk digital (situs serta mobile application) supaya bisa memberi akses lebih luas untuk penduduk desa ataupun untuk penduduk kota yang ingin tersambung dengan desa. Perihal ini lihat kekuatan infrastruktur Tehnologi Info serta Komunikasi (TIK) di Indonesia sudah meliputi seputar 90% dari populasi lebih dari 126% tingkat penetrasi mobile.

Diluar itu, tingkat pemakai internet pun sudah sampai 51,8% dari keseluruhan masyarakat Indonesia. Selanjutnya, Aaron sangat mengapresiasi ide pemerintah untuk meningkatkan kekuatan desa. Menurut dia ide itu mesti di dukung dengan kolaborasi beberapa pihak supaya bisa lebih progresif.

"Swasta harus juga didorong untuk berinvestasi di desa, untuk tidak sangsi bangun fondasi yang kuat untuk memberi dukungan pekerjaan di desa. Untuk swasta sendiri, saya yakin tidak cuma masalah jual produk serta layanan mereka, tapi pun masalah memperoleh sumber daya untuk kebutuhan produksi barang serta layanan mereka," tutup Aaron.

Baca juga : Biaya Kuliah TEL-U

Pemerintah sendiri lewat Tubuh Pusat Statistik (BPS) sudah lakukan pendataan Kekuatan Desa 2018 yang diawali semenjak Mei kemarin. Pengamat ekonomi Cyrillus Harinowo menjelaskan, ada program favorit Kemendes (Kementerian Desa) berkaitan peningkatan Bumdes (Tubuh Usaha Punya Desa) serta produk favorit desa. Perhatian pada desa itu dapat percepat pembangunan.

"Swasta serta pemerintah mesti semakin banyak menyentuh desa dengan pemikiran berkepanjangan harus juga sama-sama bekerjasama. Swasta mesti banyak bertindak sebab desa yang maju tidak cuma berguna buat desa itu. Contoh buat swasta, desa ialah pasar mungkin, ini mungkin sekarang ini jarang jadi perhatian," tambah Cyrillus, dalam info tercatat waktu lalu.

No comments:

Post a Comment